TOILET UMUM BISA MENJADI PENYEBAB KEPUTIHAN PADA WANITA

Salah satu tempat umum yang dapat menyebabkan berjangkitnya penyakit adalah toilet umum. Baik itu toilet umum di mall, perkantoran, rumah sakit, kampus, kendaraan umum. Termasuk bagian yang dapat
menjadi sumber penyakit dalam toilet adalah gagang pintu, dudukan toilet, dan air bilasan kran.

toilet umum

Bicara soal kesehatan toilet, mengutip Majalah Majalah Dokter Kita (edisi 01 November 2008) ada peringatan untuk pengguna toilet duduk. Kenapa? Karena meski terlihat bersih bukan berarti bebas dari kuman. Pada sebuah penelitian, ditemukan setidaknya 21 jenis bakteri dan 2 jamur di area tersebut. Keberadaan kuman itu jangan dianggap sepele karena dapat mengganggu kesehatan. Gangguannya mulai dari gatal hingga infeksi saluran kencing.

INFEKSI

Dan peringatan ini lebih besar untuk kaum perempuan. Pertama, adalah infeksi kulit pada dan sekitar vagina. Keluhannya bermacam-macam tergantung pada sebabnya, bisa karena jamur atau karena bakteri. Infeksi pada kulit mencakup rasa gatal-gatal pada area vagina, keputihan, bintik merah-merah dan lainnya. Tak hanya di vagina, infeksi kulit juga menyerang area selangkangan (antara vagina dan dubur).

Contoh bakteri yang biasa berkembang adalah Staphilococcus Sp, bakteri tersebut dapat menyebabkan timbulnya berbagai bisul dan dapat menjadi infeksi yang resisten terhadap antibiotik. Juga terdapat E.Coli, bakteri Enterococcus (bakteri dalam kotoran yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan infeksi luka) dan masih banyak lagi jenis dan jumlah bakteri yang lain. Penyakit yang umum jika tidak bersih dalam menggunakan toilet umum:

Infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada wanita daripada wanita karena saluran kemih wanita lebih pendek daripada pria. Banyak saluran kemih yang dapat terinfeksi yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Tanda-tanda umum nyeri seperti pada buang air kecil, air kencing sedikit atau bahkan berdarah, mual, nyeri punggung belakang.

Selain itu yang mengancam adalah pemakaian toilet umum adalah keputihan oleh bakteri Gordnella. Bakteri ini dapat menimbulkan keputihan keabu-abuan, bau amis, berbuih, dan berair, gatal pada vagina. Penyebab keputihan yang lainnya adalah bakteri Pallidium.
Keputihan yang membahayakan adalah parasit Trichomonas Vaginalis. Parasit ini penyebab keputihan dengan ciri-ciri yaitu cairan berwarna kuning atau kehijauan, sangat kental, berbau anyir, berbuih. Ditularkan melalui hubungan seksual, bibir kloset yang terkontaminasi parasit atau juga perlengkapan mandi yang dipakai secara bersama-sama.

MENGURANGI RESIKO KUMAN DARI TOILET UMUM


  • Pilih toilet umum dengan closet jongkok. Toilet jongkok tidak menyentuh langsung permukaan closet dan lebih higienis.
  • Jika menggunakan closet duduk, sebelum menggunakannya, bersihkan dulu pinggiran atau dudukan closet dengan cairan pembersih dan tisu baru. Bila perlu setelah dibersihkan, lapisi dudukan dengan tisu.
  • Jangan cebok di toilet umum dari air yang ditampung di bak mandi atau ember. Pakailah shower atau keran.
  • Biasakan cebok dengan cara yang benar, yaitu dari arah depan ke belakang, jangan sebaliknya. Bila terbalik maka cara cebok seperti itu sama saja seperti menarik kotoran ke daerah vagina atau saluran kencing.
  • Toilet bersih bukan jaminan terbebas dari kuman. Sumber kuman bisa jadi malah dari Anda sendiri, khususnya tangan. Biasakan untuk mencuci sebelum dan sesudah melakukan aktivitas di toilet.


Dengan memperhatikan tips-tips di atas, diharapkan hantu toilet umum berupa penyakit keputihan, infeksi saluran kemih, dan organ reproduksi pada wanita dapat dicegah.

OBATI DAN CEGAH DENGAN CRISTAL X YG SANGAT AMPUH UNTUK MENGOBATI KEPUTIHAN DAN MASALAH KEWANITAAN LAINNYA